Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil, Bisa Jadi Apa?




Kuliah jurusan Teknik Sipil sering disangkakan sebagai kerja bangunan. Padahal prospek kerjanya lebih luas. Maka tak heran bila peminatnya banyak. Selama pembangunan di negara ini masih tetap jalan, maka jurusan Teknik Sipil mudah-mudahan tidak ada matinya. Info pendaftaran kuliah    tahun ini lebih mudah berkat layanan goKampus.

Barangkali kamu dapat menyalurkan passion kamu terhadap dunia pembangunan. Mendalami ilmu di jurusan kuliah Teknik Sipil. Bila ada kesempatan, mengapa tidak dicoba. Di Indonesia masih butuh banyak pembangunan dimana. Nah inilah peluang untuk para lulusan jurusan Teknik Sipil dan juga bagi calon mahasiswa untuk masuk kuliah jurusan Teknik Sipil. Berikut Prospek atau Peluang Pekerjaan Kuliah Lulusan Jurusan Teknik Sipil

1.    Manager Konstruksi

Sebagai manajer konstruksi, kamu akan bertugas sebagai pemimpin sekaligus memberi arahan pada proyek konstruksi. Manager juga berperan sebagai pengawas atas berjalanya proyek konstruksi. Maka jangan kaget bila gajinya setidaknya Rp. 7 juta per bulan.

2.    Surveyor

Profesi menjanjikan lainnya untuk lulusan Teknik Sipil adalah sebagai Surveyor. Tugas posisi ini memastikan proyek bangunan berjalan sesuai aturan yang berlaku. Karena tanggung jawabnya yang besar, maka jumlah gajinya pun hampir sama dengan gaji manager yakni Rp. 7 juta per bulan.

3.    Drafter

Di Teknik Sipil juga menjadi favorit untuk mereka yang doyan gambar. Karena di dunia kerja dibutuhkan profesi drafter pada proyek konstruksi. Tugasnya membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang sudah dibuat arsitek dalam pembuatan sebuah bangunan. Gajinya berkisar Rp. 5 juta per bulan.

4.    Manager Proyek

Lulusan Teknik Sipil banyak yang memfavoritkan untuk bekerja di sebuah proyek dengan posisi manajer proyek. Profesi ini juga cukup familiar dan terpandang di masyarakat. Bergengsinya posisi ini hingga dapat mengantongi gaji Rp. 20 juta per bulan. Siapa yang gak mengharapkan berada di posisi tersebut, gajinya aja besar.

5.    Perencanaan struktur

Sesuai namanya, tugas bagian ini menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Posisi ini akan membawa pulang gaji sekitar Rp. 7 juta setiap bulannya.

6.    Direktur Kontraktor

Gak usah dijelaskan panjang lebar lagi ya. Namanya juga direktur, posisi yang bergengsi dan dapat dipastikan gajinya tinggi. Rp. 40 juta per bulan diraup seorang direktur sebagai gajinya. Namun untuk menempati posisi ini, lulusan Teknik Sipil harus bersabar ya meniti karir dari awal.

7.    Direktur Konsultan Perencana

Kalau posisi direktur yang ini bertugas sebagai konsultan. Setiap proyek pembangunan membutuhkan jasa konsultan perencana. Apapun tugasnya, yang namanya direktur gajinya tetap tinggi, Rp. 30 juta per bulan cukup ya untuk seorang direktur.

8.    Quality Control

Kualitas suatu bangunan tentunya harus nomor wahid diutamakan. Disinilah tugas bagian Quality Control. Memastikan kualitas proyek bangunan masih sesuai standar yang diharuskan. Digaji sekitar Rp. 10 juta per bulan.

9.    Pelaksana proyek

Lebih senang bekerja langsung di lapangan. Maka profesi ini cocok untuk kamu sebagai prospek kerja lulusan Teknik Sipil. Bagian pelaksana proyek berkesempatan mendapat gaji sekitar Rp. 7 juta dikerjakan.

10.    Site manager

Nah, terakhir ada posisi site manager. Bedanya dengan posis manajer lainnya. Site manager bertugas sebagai penanggung jawab atas perencanaan teknis dan operasional pengendalian sebuah proyek. Mengingat tanggung jawabnya yang besar, maka jangan heran gajinya mencapai Rp. 15 juta per bulan.

Demikian 10 prospek atau peluang Kerja lulusan kuliah jurusan teknik sipil. Melihat banyaknya variasi prospek kerja Teknik Sipil, barangkali dapat membantu kamu dari kebingungan mencari tempat kuliah. Untuk kamu yang ingin melakukan pendaftaran Politeknik Sahid
di jurusan Teknik Sipil, Universitas ini sudah membuka pendaftaran melalui layanan online lewat goKampus. 

Layanan goKampus tidak hanya memberikan informasi pendaftaran kuliah tapi juga informasi seputar beasiswa dan juga cara mendaftar beasiswa. jadi layanan ini tentu memudahkan kamu calon mahasiswa dan para mahasiswa yang sedang mencari beasiswa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.